Senin, 04 Mei 2015

Gereja Gembala Baik






Siang menjelang Sore. Cuaca sangat cerah kala itu.
 Dari kejauhan tampak menjulang bagian depan gereja. 
Sangat berciri khas, dengan tanda salib di bagian atasnya.
Pantulan sinar matahari memberi kesan kokoh dan bersahaja.
Sengaja saya datang di minggu siang itu  sebelum kebaktian sore berlangsung.


Mulanya bangunan  ini adalah rumah kediaman Than Seng Hie.  Bagian depan bangunan  menghadap ke utara (ke arah sungai kapuas). Sekitar tahun 1930-an  tanah dan bangunan miliknya dijual kepada pihak keuskupan.  Pada  masa  PrefekurApostolik Dutch Borneo / Vikaris Dutch Borneo  Giovanni Pacificio Bos, O.F.M. Cap ( 10 April 1905 - 1934). Bangunan ini,  kemudian digunakan menjadi  R C Vicarage and Chinesechapel.


Berdasarkan Platte Grond Van de Hoofdplaats Pontianak, 1  Maart 1934 (peta Pontianak 1934). Bangunan gereja  ini berada tak seberapa jauh dari  voorstraat-sulthan weg  (sekarang jalan Tanjungpura),  theng seng hie weg  (sekarang jalan Pangsuma). Berdekatan dengannya terdapat Capitol Cinema, Wooning blokken in de Toko wijken/ Residential block in commercial quarter/batas kawasan ruko-ruko .

 
Setelah mengalami renovasi dan pemugaran besar-besaran pada tahun 1980-81. Bangunan depan dan pintu kemudian menghadap kearah barat.  Masih tersisa bangunan lama, yakni berupa  pintu rumah yang dulunya menghadap kearah sungai. Pada bangunan yang telah di pugar, kini pintu tersebut  terdapat di sebelah kiri gereja dari arah pintu masuk. Dan menjadi salah satu bagian dari dinding yang memisahkan ruang utama dengan ruang yang berada di samping kiri.

Bangunan Gereja dan Pastoran Katolik Gembala Baik seperti yang  nampak seperti sekarang  ini selesai dibangun juni 1981. Upacara pemberkatan/peresmian di laksanakan pada tanggal  28 juni 1981 oleh Uskup Agung Pontianak,  Mgr. Hieronymus Herculanus Bumbun, O.F.M. Cap.
Kini berada di  jalan Sultan Muhammad no 222. Tepat di depan pelabuhan sheng hie. Dan tak seberapa jauh dari kawasan pasar Kapuas Besar. Secara administratif  masuk ke dalam wilayah kelurahan Benua  Melayu Laut, Pontianak Selatan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar