Senin, 04 Mei 2015

Kantor Pos Lama




Anda (dulu’) pernah mengirim surat?
Jika iya maka pastinya anda pernah ke Kantor Pos.
 Namun apakah anda pernah ke kantor pos lama  Pontianak??
Lalu masuk kedalamnya??


Bangunan Kantor Pos Lama ini berada dijalan Rahadi Oesman,  Pontianak Kota berdekatan dengan bangunan Bank Indonesia  dan Kantor Walikota Pontianak. Lokasinya  tidak jauh dari lapangan Alun-Alun Kapuas dan Pelabuhan Pontianak. 


Corak bangunan nuansa arsitektur  indies sangat kental terasa di bangunan kantor pos yang pertama di kota Pontianak ini. Dan kantor Pos pusat  Kota Pontinak, sebelum dipindahkan ke jalan Sultan Syarif Abdurahman.  Berwarna putih pastel, beberapa sisi bangunan berwarna oranye dan beratap kayu sirap. Ukuran pintu dan  jendela yang lebar dan  tinggi. Jarak  antara lantai dengan dek atapnya yang tinggi. Member kesan luas dan megah dari bentuk bangunan ini.
Dibangun pertama kali pada tahun 1858 oleh pemerintahan Kolonial Hindia Belanda. Semenjak awal, bangunan ini memang di fungsikan sebagai ‘post telegraf kantoor’ (kantor pos). Berdasarkan Platte Grond Van de Hoofdplaats Pontianak, 1  Maart 1934 (peta Pontianak 1934). Post  telegraf kantoor ini berada di simpang  heerenstraat (sekarang jalan zainudin) dan Larive Park (sebagian kawasan taman ini sekarang menjadi Taman Alun Kapuas). Di sebelah barat laut nya terdapat  bundaran plein resident kater, kini menjadi sebuah taman.Di samping  sebelah Timur terdapat  De Javasche Bank (sekarang Bank Indonesia). Di depannya terdapat  tennisvelden (lapangan tenis, sekarang berada di halaman hotel kartika).   

Bangunan ini, sampai sekarang masih kokoh berdiri dan masih berfungsi sebagai kantor pos yang di kelola oleh PT POS. Khusus melayani ekspedisi pengiriman barang. Sebagai menjadi salah satu bangunan  peninggalan sejarah, sudah sepatutnya bangunan ini di jaga dan dilestarikan. (Pernah dimuat di harian Borneo tribune pada hari Sabtu, 27 Oktober 2012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar